Tuesday, November 7, 2017

TOYOTA SIENTA VS TOYOTA VELOZ 1.5, PILIH MANA?



Kali Jalan Lelaki akan mengulas dua MPV Toyota yang berada di bentang harga di bawah 300juta, ya  Toyota Sienta dan Avanza Veloz 1.5. Dua MPV Toyota ini sama-sama mengusung mesin 1500cc, dual VVTi. Buat sobat yang berniat meminang MPV low Toyota mungkin bisa mempertimbangkan Antara Sienta atau Veloz 1.5. Jalanlelaki akan mencoba memberikan masukan “Pilih Sienta atau Avanza Veloz 1.5” ? . Sebagai bahan pertimbangan mari kita kupas satu per satu














Harga.

Toyota Sienta  berada di bentang harga 240jutaan tipe terendah sampai dengan 330juta untuk tipe tertinggi. Pada saat kami menulis artikel ini untuk Toyota diskon hingga 38juta. Sebagai bahan perbandingan kami mengambil Sienta tipe V manual, karena type V manual sudah memiliki fitur power sliding door di kedua pintu belakang dengan harga on the road Jatim Rp. 267.000.000,00 dengan diskon 38juta maka deal price adalah Rp. 229jutaan
Avanza Veloz 1.5 agar berimbang kami ambil type manual juga dengan harga on the road jatim Rp. 234.483.000,00 dan sales yang kami temui dari dealer Toyota memberi diskon 22juta, sehingga harga deal adalah Rp. 212.000.000,-.
Dengan perbedaan diskon yang mencolok diantara kedua tipe ini menjadikan selisih harga deal adalah 17jutaan. Sebagai catatan kami tidak mlakukan penawaran terhadap diskon tersebut.
+ Veloz 1.5 lebih murah 17jutaan*

Model dan Dimensi

Jelas terlihat perbedaan model di antara keduanya, Sienta dengan model yang lebih segar dan Veloz yang over all masih mempertahankan platform lama dengan facelift grill dan lampu. Meskipun secara model ini merupakan selera sobat semua, akan tetapi menurut jalanlelaki kami memilih Sienta karena model yang lebih fresh dan unik. Sedangkan untuk Urusan Dimensi Sienta (dengan 4.235mm x 1.695mm x 1.695mm) sedikit lebih besar di banding dengan Veloz 1.5 (dengan 4.200mm x 1.660mm x 1.695mm ) *panjang x lebar x tinggi.

+ Sienta model lebih up to date dibanding Veloz yang memakai platform lama

Mesin dan Sistem Penggerak 

Avanza Veloz masih tetap mempertahankan sistem penggerak roda belakang selama kurun 13 tahun sejak generasi pertama Avanza di luncurkan. Hal ini tidak lepas dari respon konsumen yang luar biasa terhadap Toyota Avanza famili, dan menjadikan Avanza raja di MPV Low selama kurun waktu 13 tahun, waktu yang cukup lama sobat. Dengan Tag line sales adalah “ Penggerak roda belakang lebih kuat di tanjakan, dan ground clearence tinggi yang membuat Avanza bisa di operasikan di menjelajah segala medan”.
Berbeda dengan Avanza, Toyota Sienta mengusung Penggerak roda depan? Apa Sienta dibuat lebih lemah di tanjakan? Tentu tidak sob, kecuali Tanjakan diatas 45 derajat, yang Avanza pun juga akan harus ngeden melewatinya. Proporsi berat dari badan Sienta di tunjang denga performa mesin 107PS lebih besar di bandingkan Veloz dengan Power Max 104PS menjadikan Sienta masih sanggup untuk melibas umumnya jalanan menanjak yang ada di Indonesia.  Hal ini juga di Tunjang dengan Torsi Sienta sebesar 14,6kgm. Toyota Avanza Veloz sendiri memiliki Torsi 13,9kgm tentunya dengan penggerak ruda belakang Torsi 13,9 masih cukup tangguh menanjak sob.

+ Sienta Power 107PS, Torsi 14,6kgm
+ Sienta Penggerak roda depan yang bermanuver, dan lebih irit bahan bakar
+ Veloz Penggerak roda belakang yang lebih tangguh di tanjakan

Fitur Keselamatan
 
Pada sisi keselamatan, Toyota Sienta V lebih Unggul dengan pemakaian Rem Double Disc atau Cakram depan dan belakang. Penggunaan rem Cakram di roda belakang akan mempercepat proses pengereman jika di bandingkan dengan Avanza Veloz. Untuk Pengereman juga tertanam teknologo ABS+EBD pada Toyota Sienta, sedangkan Avanza Veloz hanya dilengkapi Fitur ABS saja. Kelebihan lain adalah Toyota Sienta sudah dilengkapi dengan Fitur Keyless Entry yang memudahkan penggunanya untuk membuka dan mengunci kendaraan tanpa harus mengeluarkan anak kunci dari kantong saku. Keunggulan lain adalah dilengkapinya Toyota Sienta sudah dilengkapi dengan ISOFIX Child Seat atau tempat untuk mengunci kursi bayi. Untuk sektor keamanan lain seperti Dual SRS Airbags, Child Lock, Sensor parkir keduanya berimbang sob.
+ Sienta dilengkapi Rem Cakram Belakang, EBD, ISOFIX, Keyless System

Transmisi

Untuk Transmisi manual Sienta memiliki 6 percepatan sedangkan Veloz memiliki 5 percepatan, dengan 6 percepatan tentunya bagi pengguna Sienta lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan di perjalanan untuk mendapatkan performa maksimal dari Toyota Sienta. Hal ini juga menjadikan Toyota Sienta akan jauh lebih irit jika dibandingkan dengan Veloz 1.5 untuk perjalanan luar kota, karena dalam kecepatan tinggi Sienta lebih leluasa bermain pada putaran mesin ideal.

+ Sienta dengan 6 percepatan transmisi manual

Fitur dan Interior

Toyota Avanza Veloz 1.5 secara interior tidak mengalami banyak perubahan baik dari fitur yang sederhana maupun desain dasboard yang tidak banyak mengalami perubahan di banding generasi sebelumnya. Fitur Audio Veloz Sudah mengadopsi Layar Touch screen 6” yang memberikan hiburan di perjalanan dengan DVD, MP3, USB, dan Bluetooth. Sedangkan Sienta memiliki desain dashboard multilayer yang lebih futuristik di tambah panel modern, seperti panel AC Auto. Untuk Audio Sienta lebih unggul dengan fitur Mirracast yang sudah ada pada head unit bawaan Sienta. Keunggulan Sienta yang lain adalah pintu geser secara electrik, dengan pintu geser akan memudahkan sobat untuk membuka pintu meskipun parkir meski di tempat yang sempit. Ditunjang pintu electric yang memberikan kesan mewah atas Toyota Sienta. Menurut kami sendiri (jalanlelaki, red) Kelebihan yang lain adalah cara melipat kursi baris ke-3 pada Toyota Sienta yang cukup Cerdas, dengan memasukan bangku di bawah kursi baris ke 3. Hal ini akan memberikan sobat ruang bagasi yang lebih lapang dan fungsional.

+ Sienta dengan dashboard multy layer moder
+ Sienta AC Auto cooler digital
+ Sienta memiliki pintu Sliding door electric
+ Sienta dengan Pelipatan kursi baris ke-3 yang Pintar memberi ruang bagasi lebih luas
+ Sienta dengan Audio dilengkapi fitur Mirracast

Purna jual 

Untuk urusan ini tentunya Avanza lebih unggul di banding Sienta yang pendatang baru. Toyota Avanza memiliki resale Value yang bagus dan sudah teruji di market mobil bekas, sedang kan Sienta belum memiliki data khusus yang mencerminkan resale value nya secara nyata. Ditambah lagi Avanza sudah memiliki penggemar tersendiri dan Image yang bagus sebagai mobil keluarga. Untuk urusan service, jika dilakukan di bengkel resmi Toyota maka kedua model ini memiliki bobot yang sama.

+ Avanza Veloz memiliki Image Positif dan purna jual yang bagus

Kesimpulan
Pilih Sienta dengan ekstra kelebihannya atau Pilih Avanza Veloz dengan Konvensional teknologi dan desainnya ? semua kembali kepada anda sob. Saran dari kami, untuk anda yang mempertimbangkan kenyamanan dengan fitur yang berlimpah, menilik selisih harga yang sedikit layak mempertimbangkan Toyota Sienta. Sedangkan anda yang memiliki trek lebih sering naik turun gunung, dengan jalanan pedesaan lebih baik ambil Avanza Veloz


Artikel ini tentang
Toyota Sienta
Toyota Veloz 
Kelebihan Toyota Sienta
Kelebihan Toyota Veloz
Alasan Pilih Toyota Sienta 
Alasan Pilih Toyota Veloz

original by jejaklelaki.blogspot.co.id
gambar by Wikiepedia

2 comments: