Monday, November 6, 2017

BAHAYA!! JANGAN SALAH MEMILIH BAN SEPEDA MOTOR SAAT MUSIM HUJAN

Bulan November, beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Buat anda para bikers, yang memakai kemdaraan sepeda motor untuk aktifitas harian apa lagi yang suka touring, wajib mengetahui karakteristik dari ban luar sepeda motor. Hal ini karena ada tiga tipe ban sepeda motor: 1) Ban untuk trek basah 2) ban untuk trek kering 3) ban universal. Biasanya saat anda mendapatkan sepeda motor baru dari dealer, maka anda akan mendapati ban bawaan sepeda motor adalah ban universal yang bisa di gunakan untuk trek basah maupun kering. Nah, buat anda yang sudah waktunya ganti ban patut memperhatikan ciri-ciri ban basah/kering/ universal.

1. Ban Basah

Ban tipe ini memiliki karakteristik alur yang banyak hingga ke tepi ban, alur ini di fungsikan untuk membuang air yang dilewati saat berkendara di jalanan yang penuh dengan air. Saat musim hujab tipe ban seperti ini lebih cocok di gunakan, karena potensi selip saat menikung lebih kecil karena air yang tergenang di jalanan akan di arahkan keluar dari  tapak ban. Hati-hati sob jika menggunakan ban ini di trek kering atau saat musim kemarau, karena banyaknya alur pada ban ini, saat di trek kering akan lebih cepat habis atau ban gundul. Dan lagi karena tapak karet ban yang menyentuh aspal lebih sedikit, ban ini saat di trek kering memiliki daya cengkeram ke jalan yang kurang.

2. Ban Kering

Ban tipe ini memiliki alur yang lebih sedikit, atau untuk motor balap seperti di arena GP ban kering yang di gunakan bisa tanpa alur sama sekali. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya cengkrem dan traksi ban ke jalanan, sehingga mengurangi resiko tergelincir saat menikung bahkan dengan kecepatan tinggi. Tapi  saat melewati jalanan yang basah, ban ini rawan kehilangan daya cengkeram atau traksi nya yang bisa berakibat fatal sampai tergelincir atau selip.

3. Ban Universal

Ban tipe ini memiliki proporsi alur yang baik, dan banyak di gunakan oleh pabrikan sepeda motor yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan ban tipe ini di toko ban terdekat anda tinggal bilang ban standart pabrikan.  Biasanya di tandai dengan kode wet dry.
Selain meperhatikan ukiran pada ban, anda patut melihat kode produksi ban tersebut. Usia ban rata -rata adalah 5 tahun, lebih dari itu disebut ban kadaluwarsa. Ban Kadaluwarsa memiliki daya cengkram yang kurang karena elastisitas karet ban berkurang.

WASPADA DAN CERMAT.
Apapun ban anda, Sebagus apapun motor Anda, tetap keselamatan anda sangat di tunjang oleh kewaspadaan dan kesigapan anda berkendara sob. Karena Faktor keselamatan utama adalah pada pengemudi kendaraan dan saling menghormati pengguna jalan lain.
Artikel ini tentang
Memilih Ban Motor
Persiapan berkendaraa saat Hujan 

gambar di ambil dari motormobile.net

No comments:

Post a Comment