Wednesday, November 15, 2017

TIPS PERAWATAN SEDERHANA MOBIL DI MUSIM HUJAN

Menggunakan kendaraan saar musim hujan terutama Mobil, memang menjadi tuntutan buat sobat yang banyak aktivitas di luar. Dengan menggunakan mobil, penampilan sobat lebih terjaga dan selalu siap menjalani pekerjaan atau rutinitas sehari-hari. Mengendarai mobil di saat hujan bukanya tanpa resiko, perawatan ekstra terhadap mobil sobat harus diperhatikan.



Bagian mobil yang mendapat perhatian khusus saat hujan antara lain :
  • kaca mobil (segera di bersihkan)
  • cat body (segera dibersihkan)
  • Kolong body (bersihkan)
  • Rem (bersihkan)
  • Interior (segara bersihkan)

Kaca mobil

Untuk bagian yang satu ini, jika sobat tidak merawat dengan baik  bisa berakibat berjamurnya kaca mobil anda. Jika kaca mobil sudah berjamur mampu menggangu penglihatan sobat di jalan. Jamur di kaca jika sudah parah akan semakin susah di bersihkan , dan memaksa sobat untuk datang ke salon mobil untuk khusus membersihkan kaca mobil dari jamur. Apakah kaca mobil sobat berjamur? cek tanda-tanda kaca mobil berjamur pada artikel kami. Kalo memang di temukan adanya jamur di kaca mobil sobat, sobat bisa coba cara membersihkan kaca mobil berjamur disini.  Jika tidak berjamur, sebaiknya sobat merawatnya jangan sampai tumbuh jamur kaca, cek di bawah.

Cat body mobil

Tidak disangkal lagi, cat pada body mobil bagian paling banyak yang harus sobat perhatikan perawatanya saat mobil dipakai hujan-hujan. Bukan hanya resiko kotor, akan tetapi resiko terjadi baret-baret halus pada lapisan permukaan cat mobil juga bisa terjadi jika sobat tidak hati-hati merawatnya. Hal terparah yang mungkin bisa terjadi jika mobil sobat tidak dirawat dengan baik adalah terjadinya kekeroposan, hal ini terutama jika mobil sudah pernah di repaint.

Kolong body

Bagian inilah yang susah dilihat dan terkadang diabaikan saat sobat membersihkan mobil anda sendiri. Ingat sobat, air hujan memiliki kandungan asam dan sulfur yang bisa membuat logam mobil sobat terkorosi atau keropos. Sobat bukan hanya harus memperhatikan adanya keropos pada kolong mobil, tapi juga melihat potensi adanya celah lubang yang memungkinkan masuknya air ke lantai mobil. Jika air masuk lantai mobil bisa merusak karpet mobil anda.

REM

Bagian yang satu ini memang jarang mengalami masalah serius saat kena air hujan. Akan tetapi jika rem sobat memakai Disk atau cakram, sobat harus membersihkannya dari sisa kotoran yang tertinggal. Kotoran yang tertinggal pada bilah cakram maupun karetnya, dapat menyebabkan bunyi-bunyi yang kurang enak didengar. Perhatikan juga karet rem, jika sobat mendapati karet sudah mulai tipis sebaiknya segera di ganti. Karet rem yang sudah mengeras bisa menyebabkan terjadinya slip yang berakibat kinerja rem tidak akan maksimal dan mobil bisa nyelonong walau sudah di injak rem nya.


PERAWATAN SEDERHANA TERHADAP MOBIL DI MUSIM HUJAN 

Persiapkan peralatanya :
Sponge
Kain lab fiber pengering
Air bersih
Cairan pembersih

Mulai perawatan mobil anda di rumah setelah hujan-hujan
  1. Parkir mobal sobat di tempat yang teduh
  2. Jangan mengeringkan langsung permukaan cat mobil dengan kain. Semprot seluruh permukaan mobil dengan air tekanan sedang, atau boleh sekedar di siram air. Ingat, Mengeringkan permukaan cat body mobil langsung bisa berakibat timbulnya baret-baret halus pada lapisan cat mobil sobat.
  3. Berikan perhatian khusus pada kaca mobil anda sebagai sasaran pertama untuk di keringkan menggunakan lap pengering. Kenapa? karena bagian ini jika sobat tidak segera keringkan dengan betul-betul bersih akan menimbulkan bercak bekas air. Terapkan cairan pembersih khusu kaca jika memang diperlukan, hal ini selain untuk membantu membersihkan permukaan kaca mobil sobat, juga memberikan perlindungan agar tidak terserang jamur kaca. Lap terdahulu permukaan kaca yang basah oleh siraman air sobat dengan lap fiber, kemudian di keringkan dengan lap pengering yang sudah sobat siapkan. Untuk pemakaian cairan pembersih bisa sobat lakukan setelahnya dengan cara yang sama.
  4. Buang sisa air yang masih menempel di body mobil sobat dengan lap fiber, kemudian keringkan dengan lap pengering. Berikan cairan pelindung cat mobil setelahnya.
  5. Cek bagian dalam mobil sobat, pastikan sobat memasang karpet agar sobat lebih mudah membuang kotoran yang terbawa alas kaki sobat ke mobil
Untuk perawatan Kolong mobil dan rem, sobat bisa menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Hal ini di tujukan untuk melunturkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel di bagian tersebut. Pada bagian ini tidak diperlukan tahap pengeringan secara cepat maupun penggunaan cairan pembersih khusus. Dan jika di rumah sobat tidak memungkinkan, cucikanlah mobil sobat setidaknya seminggu sekali di cucian mobil terdekat untuk membersihkan kolong mobil sobat.

artikel ini tentang :
mencuci mobil
merawat mobil 


sumber gambar carmudi.com


No comments:

Post a Comment