Monday, November 13, 2017

Mesin Turbo Bensin Honda VRV Turbo 1.5

Pada tahun 2013 lalu, Pabrikan Mobil Honda  melalui panji tknologi Earth Dream merilis mesin-mesin baru untuk mengisi dapur pacu mobil-mobil Honda. Mesin Diesel, mesin hybrid dan juga mesin bensin VTEC Turbo. Pabrikan Mobil Honda di tanah air dikenal dengan kemampuanya menciptakan mobil-mobil kencang dengan tenaga dan torsi besar dikelasnya

Mesin Turbo yang terakhir di rilis di Indonesia oleh Mobil Honda dengan meluncurkan Honda CRV Turbo dan Civic Turbo mampu menarik konsumen di tanah air. Bukan hanya konsumen fanatik mobil berlogo huruf H ini saja, melainkan juga konsumen tanah air yang menyukai gaya mengemudi yang memacu adrenalin di jalan bebas hambatan dengan menggunakan mobil SUV.

Honda sendiri meluncurkan 3 varian mesin Turbo bensin, 2000cc dengan 4 silinder, 1500cc dengan 4 silinder dan  1000cc dengan 3 silinder. Kenapa hanya varian tersebut yang sudah di luncurkan? Hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan pasar Global yang beragam yang sesuai dengan tagline Earth Dream.

Earth dream sendiri menuntut sebuah teknologi dapur pacu mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan dengan keluaran emisi gas buang yang rendah. Sehingga para ahli teknologi dari pabrikan mobil Honda menggunakan teknologi pemampatan udara sebelum masuk ke ruang bakar untuk mendapatkan Performa yang di inginkan. Teknologi pemampatan Udara inilah yang kita kenal dengan sebutan Turbo.

Pada pertengahan 2017 ini,pecinta otomotif di tanah air sudah dapat menikmati sensasi mesin turbo ala Honda. Mesin bensin Turbo 1500cc dengan 4 silinder di tanah air di benamkan pada sosok gagah New CRV model 2017. Seperti yang sudah kami prediksikan, mobil ini memliki kemampuan dan spesifikasi teknis yang memukau. Dengan kapasitas silinder 1500cc Honda CRV Turbo mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 190PS pada putaran 5600rpm dan Torsi maksimal 240Nm pada rentang putaran 2000rpm sampai 5000rpm. 

Hasil ini sangat baik mengingat tenaga maksimal sebesar 190PS pada sebuah SUV menempatkan Honda CRV Turbo sementara berada di atas Rival-rivalnya, bahkan jika di bandingkan dengan Pajero sport Dakar dan Toyota Fortuner VRZ yang bermesin diesel sekalipun. Masalah konsumsi bahan bakarnya, berdasarkan klaim hasil test awak media mencatatkan konsumsi bahan bakar Honda CRV Turbo ini adalah 14,4km/l untuk perkotaan Surabaya, dan 17,7km/l untuk rute luar kota. Kami bilang Woww untuk mesin Bensin Turbo 1500cc Honda CRV, yang memiliki performa mesin dengan tenaga yang besar namun tetap irit bahan bakar. Dan yang pasti konsumsi tersebut sulit di dapat dengan mobil SUV Medium berbahan bakar Diesel sekalipun, seperti Fortuner dan Pajero. Tapi perlu sobat ingat, Pada Honda CRV Turbo juga dilengkapi teknologi VTEC dan sebagainya.

Untuk mesin Turbo bensin sendiri sebenarnya bukan hal baru di dunia otomotif tanah air. Beberapa pemain kawakan dengan mesin Turbo yang sudah ada di tanah air antara lain :

  • ·          VW Golf 1.4
  • -      Ford Fiesta 1000cc Ecoboost
  • ·         Proton Exora Campro
  • ·         Peogeot 408
  • ·         MINI Cooper
  • ·         BMW X1 Drivei
  • ·         BMW 328 Turbo
  • ·         Subaru BRZ
  • ·         Mitsubishi EvoX
  • ·         Renault Megan RS 275
  • -     Dll
Untuk masalah perawatan, ternyaa mesin Turbo bensin pada dasarnya hampir sama dengan Turbo pada mesin Diesel. Hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas Oli mesin, dan Filter Oli. Karena kerja dari Turbo sendiri menggunakan oli dari mesin. Jika kualitas Oli mesin kurang bagus atau Filter Oli kotor, maka kinerja Turbo juga akan terganggu. Dengan perawatan Rutin dan baik, Turbo pada mesin bensin juga akan awet. Oleh karena itu kami menyarankan sobat untuk rutin melakukan service terutama di bengkel resmi. 

No comments:

Post a Comment