Pada tahun 2013 lalu, Pabrikan Mobil Honda melalui panji tknologi Earth Dream merilis
mesin-mesin baru untuk mengisi dapur pacu mobil-mobil Honda. Mesin Diesel,
mesin hybrid dan juga mesin bensin VTEC Turbo. Pabrikan Mobil Honda di tanah
air dikenal dengan kemampuanya menciptakan mobil-mobil kencang dengan tenaga
dan torsi besar dikelasnya
Mesin Turbo yang terakhir di rilis di Indonesia oleh Mobil
Honda dengan meluncurkan Honda CRV Turbo dan Civic Turbo mampu menarik konsumen
di tanah air. Bukan hanya konsumen fanatik mobil berlogo huruf H ini saja,
melainkan juga konsumen tanah air yang menyukai gaya mengemudi yang memacu
adrenalin di jalan bebas hambatan dengan menggunakan mobil SUV.
Honda sendiri meluncurkan 3 varian mesin Turbo bensin,
2000cc dengan 4 silinder, 1500cc dengan 4 silinder dan 1000cc dengan 3 silinder. Kenapa hanya varian
tersebut yang sudah di luncurkan? Hal ini karena untuk memenuhi kebutuhan pasar
Global yang beragam yang sesuai dengan tagline Earth Dream.
Earth dream sendiri menuntut sebuah teknologi dapur pacu
mobil yang irit bahan bakar dan ramah lingkungan dengan keluaran emisi gas buang
yang rendah. Sehingga para ahli teknologi dari pabrikan mobil Honda menggunakan
teknologi pemampatan udara sebelum masuk ke ruang bakar untuk mendapatkan
Performa yang di inginkan. Teknologi pemampatan Udara inilah yang kita kenal
dengan sebutan Turbo.
Pada pertengahan 2017 ini,pecinta otomotif di tanah air
sudah dapat menikmati sensasi mesin turbo ala Honda. Mesin bensin Turbo 1500cc
dengan 4 silinder di tanah air di benamkan pada sosok gagah New CRV model 2017.
Seperti yang sudah kami prediksikan, mobil ini memliki kemampuan dan
spesifikasi teknis yang memukau. Dengan kapasitas silinder 1500cc Honda CRV
Turbo mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 190PS pada putaran 5600rpm dan
Torsi maksimal 240Nm pada rentang putaran 2000rpm sampai 5000rpm.
Hasil ini sangat baik mengingat tenaga maksimal sebesar
190PS pada sebuah SUV menempatkan Honda CRV Turbo sementara berada di atas
Rival-rivalnya, bahkan jika di bandingkan dengan Pajero sport Dakar dan Toyota
Fortuner VRZ yang bermesin diesel sekalipun. Masalah konsumsi bahan bakarnya,
berdasarkan klaim hasil test awak media mencatatkan konsumsi bahan bakar Honda
CRV Turbo ini adalah 14,4km/l untuk perkotaan Surabaya, dan 17,7km/l untuk rute
luar kota. Kami bilang Woww untuk mesin Bensin Turbo 1500cc Honda CRV, yang
memiliki performa mesin dengan tenaga yang besar namun tetap irit bahan bakar.
Dan yang pasti konsumsi tersebut sulit di dapat dengan mobil SUV Medium
berbahan bakar Diesel sekalipun, seperti Fortuner dan Pajero. Tapi perlu sobat
ingat, Pada Honda CRV Turbo juga dilengkapi teknologi VTEC dan sebagainya.
Untuk mesin Turbo bensin sendiri sebenarnya bukan hal baru
di dunia otomotif tanah air. Beberapa pemain kawakan dengan mesin Turbo yang
sudah ada di tanah air antara lain :
- · VW Golf 1.4
- - Ford Fiesta 1000cc Ecoboost
- · Proton Exora Campro
- · Peogeot 408
- · MINI Cooper
- · BMW X1 Drivei
- · BMW 328 Turbo
- · Subaru BRZ
- · Mitsubishi EvoX
- · Renault Megan RS 275
- - Dll
Untuk masalah perawatan, ternyaa mesin Turbo bensin pada dasarnya
hampir sama dengan Turbo pada mesin Diesel. Hal yang perlu diperhatikan adalah
kualitas Oli mesin, dan Filter Oli. Karena kerja dari Turbo sendiri menggunakan
oli dari mesin. Jika kualitas Oli mesin kurang bagus atau Filter Oli kotor,
maka kinerja Turbo juga akan terganggu. Dengan perawatan Rutin dan baik, Turbo
pada mesin bensin juga akan awet. Oleh karena itu kami menyarankan sobat untuk
rutin melakukan service terutama di bengkel resmi.
No comments:
Post a Comment