Wednesday, January 1, 2020

Pertimbangkan Ini Sebelum Beli Mobil Bekas

Anggaran dana yang dibatasi sering kali membuat kita enggan mengambil mobil baru baik secara tunai maupun kredit. Sebagai alternatif tentunya beli mobil bekas sebagai solusinya. Berikut ini mungkin bisa menambah atau sekedar mengingatkan anda hal-hal yang diperhatikan saat memutuskan membeli mobil bekas idaman.

MEMILIH KENDARAAN
a. Tipe Mobil
b. Budget
c. Kestabilan harga
d. Perawatan

TIPE MOBIL


Jika ini Mobil pertama anda pilihlah Model seperti apa yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan. Apakah mobil MPV dengan kapasitas penumpang lebih, ataukah mobil city car dengan konsumsi bahan bakar yang relatif lebih hemat. Semuanya kembali ke kebutuhan anda. Akan tetapi jika anda menambah mobil dan mencari mobil hobi maka berbeda cerita 

ANGGARAN/BUDGET


Setelah menentukan model kendaraan saatnya anda mengukur kemampuan. Tentunya anggaran yang anda persiapkan bukan hanya untuk pembelian kendaraan saja. Karena sesaat setelah anda membeli kendaraan anda wajib menyiapkan anggaran untuk ceck up mobil anda. Sesuaikan anggaran anda dengan tipe mobil yang anda harapkan. Dengan anggaran yang sama pada umumnya anda bisa memiliki mobil city car dengan tahun yang lebih muda di bandingkan mobil MPV. Dengan tipe mobil yang sama, jangan hanya memilih kendaraan dengan harga lebih murah akan tetapi pertimbangkan juga bagian bagian yang mungkin perlu perbaikan.

KESETABILAN HARGA JUAL


Kesetabilan harga jual kembali perlu anda perhatikan karena sewaktu waktu anda menjual kembali kendaraan anda setidaknya penurunannya tidak terlalu jauh. Disini salah satu kekuatan dari mobil bekas. Kalau beli mobil baru pasti saat di jual kembali harganya akan turun, tapi di mobil bekas kalau anda amati ada beberapa model dari branch tertentu yang harga jualnya stabil bertahun tahun. Sebagai contoh di mobil MPV ada Isuzu Phanter LS tahun 2000 keatas atau kijang LGX di tahun yang sama, selama bertahun-tahun harga nya berada di kisaran 90 hingga 110 juta.

Uniknya lagi di pasar mobil bekas, brand ternama dan leading market di pasar mobil baru belum tentu memiliki harga yang lebih mahal. Sebagai contoh di akhir 2019 ini saya coba bandingkan rata-rata harga bekas untuk city car/ hatchback/LCGC. Untuk keluaran 2014 dengan usia mobil 5 tahun jawara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla justru di tawarkan paling murah di harga 70an juta setara dengan Datsun GO. Dan mobil seperti Nissan march, Hyundai Grand i10, Honda Brio masih di tawarkan di harga 90 juta ke atas.

PERAWATAN


Urusan perawatan kendaraan tentunya bukan hal yang bisa diremehkan. Bukan hanya soal bengkel nya dimana atau adakah dealer dengan service nya, akan tetapi cek dulu harga sparepart nya. Untuk sparepart yang perlu anda cek terutama adalah part fast moving dan part exterior yang rawan replace seperti lampu depan/belakang dan Spion. Kalau saya sendiri pertama saya cari bengkel nya dimana atau adakah mekanik yang bisa menanganinya. Kemudian saya cek harga sparepart nya di market place untuk saya bandingkan dengan brand kandidat yang lain. Adapun sparepart yang diceak antara lain : kampas rem, kampas kopling, kaki kaki, dan filter filter( oli, matic, bensin). Saat ini kita tidak usah repot mencari informasi tentang sparepart kendaraan, karena semuanya bisa kita peroleh dari market place.

REVIEW

Di era internet ini anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi tentang banyak hal. Jika anda berencana membeli kendaraan bekas ada baiknya anda cari review dari user ataupun dari para ahli otomotif. Temukan di group facebook, instagram atau di tweeter untuk mobil idaman. Baca pengalaman user menggunkan mobil tersebut baik kelebihan maupun kekurangan nya. Untuk review dari ahli otomotif bisa anda cari di web majalah otomotif atau di chanel youtube mereka. Ambil sisi positif dan negatifnya untuk bahan pertimbangan.

Setelah mendapatkan beberapa kandidat tinggal anda mencari mobil pilihan anda baik di market place, sosial media ataupun di showroom terdekat.

1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.CC ....:)

    ReplyDelete