Monday, January 20, 2020

Tanda oli transmisi anda kelebihan kapasitas

Kapasitas oli matic berlebih atau bahakan  kondisi oli matic yang kurang tentunya memiliki tanda-tanda pada saat kita mengendarai nya. Bagi sebagian dari anda yang sudah lama menggunakan mobil matik tentunya mengenali ciri kalau oli matik anda berlebih atau bahkan sebaliknya.

Pada saat anda mengendarai mobil matik, seharusnya perpindahan dari setiap gigi persnelingnya terasa smooth. Tidak terjadi hentakan berlebih dan tidak terlalu loyo. Perhatikan juga putaran mesin saat terjadinya perpindahan gigi. Pada kondisi wajar perpindahan gigi akan terjadi pada kisaran 2000rpm – 3000rpm. Jika terjadi perpindahan gigi yang tidak wajar dan terjadi di rpm putaran mesin yang tidak wajar pula, mungkin anda ada masalah pada kapasitas oli matic nya. Berikut ciri over kapasitas oli matic atau kekurangan oli matic.

Pada mobil matic jika kapasitas oli matic kelebihan, hal yang akan dirasakan adalah terjadi nya perpindahan gigi di putaran rpm yang lebih tinggi dari kondisi normal. Perpindahan gigi pada rpm tinggi ini karena pressure oli berlebih. Bukan hal yang baik jika di biarkan berlarut, karena oli berlebih pada transmisi membuat oli akan berbuih yang lama kelamaan mengganggu kinerja dan ke awetan part transmisi.

Jika saat oli berlebih bisa di rasakan adanya perpindahan gigi di putaran rpm tinggi, maka pada saat oli matic di posisi kekurangan hal yang dirasakan bukan lah tarikan yang loyo, melainkan terasa hentakan berlebih saat perpindahan gigi. Selain perpidahan gigi terasa lebih kasar juga bisa di indikasi dengan perpindahan tuas persneling yang agak susah serta adanya suara yang agak kasar terdengar dari gearbox. 

Jika anda merasakan ciri di atas sebaik nya cek deep stick pada oli transmisi. Dan jika di mobil anda tidak dilengkapi dengan deep stick, anda dapat ke bengkel yang bisa memeriksa kapasitas dan kondisi oli transmisi. Saran saya ada baik nya jika di mobil anda tidak dilengkapi dengan deep stick bisa anda belikan melalui market place. 

2 comments:

  1. Pernah kejadian indikator oli mobil menyala, habis itu langsung turun mesin :(

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete