Friday, January 17, 2020

Ini Kelemahan mobil Transmisi Matic ? Benarkah?


Bukan hanya di Ibukota kemacetan mulai dirasakan di berbagai daerah. Sebagai pengendara masa kini tentunya hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan antara membeli mobil manual atau mobil matic. Memang sudah banyak pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari dua transimisi ini. Disini saya coba memberi update kembali seiring bertambah majunya teknologi otomotif saat ini. 

Kelebihan dan kekurangan transmisi Automatic

Mobil matic dibanderol lebih mahal saat anda melihat daftar harga di semua merek mobil yang ada di Indonesia, mungkin itu kelemahan pertama yang tampak di mata kita. Tetunya ini dapat di mengerti karena mobil matic memang “ lebih canggih “ dan lebih banyak komponennya terutama electrical automatic nya. 

Kelemahan kedua adalah kemampuan mobil matic dalam akselerasi dan manuver ditanjakan yang di rasa masih kalah garang jika di bandingkan dengan mobil transmisi manual. Memang iya sih kalau anda menggunakan mobil matic lama atau mobil matic dengan kapasitas di bawah 2000cc. Tapi apakah pernah ada keluhan dari mereka yang menggunakan Toyota Alphard, atau Mercedes benz soal kemampuan mobil mereka di tanjakan?. Bahkan kalau anda review di berbagai media saat ini mobil bernuansa sport saat ini menggunakan transmisi matic. Semakin majunya teknologi otomotif mobil matic saat ini sudah menggunakan transmisi Triotonic, atau bahasa lain “bisa matic bisa manual”. Dan jika anda familiar dengan transmisi ini, masalah akselerasi dan kemampuan di tanjakan dapat anda atasi.

Mobil matic lebih boros adalah salah satu kelemahan. Dengan beban mesin yang lebih berat tentunya konsumsi bahan bakar mobil dengan tipe transmisi ini lebih “minum BBM” jika di bandingkan dengan transmisi manual. Untuk mobil dengan type Matic ATF yess, lebih boros menurut saya. Tapi berbeda dengan matic dengan CVT yang perlu pembuktian lagi. Kenapa? Komponen matic CVT tergolong matic kering yang tidak haus Oli transmisi dengan berat gear box yang jauh lebih ringan di bandingkan ATF. Tapi memang berdasarkan pengalaman saya matic CVT tak se responsif Matic AT. Sedangkan untuk urusan konsumsi bahan bakar menurut saya cukup irit, bahkan boleh di adu dengan mobil manual. Kembali lagi , gaya mengemudi dan kondisi jalan akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Perawatan Mobil Matic Lebih Susah dan mahal. Untuk hal yang satu ini saya bahas menjadi dua hal. 

Pertama adalah Perawatan berkala, Mobil matic justru lebih hemat perawatan berkalanya karena pergantian oli transmisi yang jauh lebih lama di bandingkan oli transmisi manual. Dengan rata rata pergantian oli transmisi setiap 70.000km - 80.000km, tentunya anda cukup meghemat dana untuk service. Disamping itu kampas kopling matic juga lebih awet di bandingkan dengan manual bahkan pergantianya bisa setiap 100.000km lebih. Sangat diperlukan untuk mengenali cara operasional yang benar agar komponen matic anda lebih tahan lama.

Kedua adalah Perbaikan jika terjadi kerusakan, Mobil Matic benar benar jauh lebih mahal biaya nya di banding mobil manual. Hal ini benar adanya, bukan hanya sparepart yang lebih mahal, tapi juga biaya jasa service nya juga lebih mahal. Kalau spare part mahal seiring dengan kualitas dan juga jarang kita temui barang KW nya. Terus Biaya service mahal juga karena tidak semua mekanik familiar dengan sistem ini, dan diperlukan bengkel khusus matic karena selain skill juga tools yang lebih lengkap. Oleh sebab itu perlu anda perhatikan service berkala nya, jangan sampai matic anda bermasalah sehingga harus overhoul yang biaya nya bisa buat beli 1 sepeda motor. 

Lepas dari segala kekhawatiran dan berita soal mobil matic, pilihan transmisi ini memberikan kenyamanan berkendara, terutama saat di tengah kemacetan, atau bahkan saat anda bepergian jauh keluar kota. Anda akan lebih merasa santai dan tidak cepat lelah. 
Untuk urusan harga jual bekasnya, tergantung kondisi kendaraan anda dan dimana anda menjual mobil matic anda. Maksud saya adalah kalau anda menjual mobil matic di daerah, harga tawarnya akan lebih rendah jika di bandingkan dengan kalau anda jual di perkotaan.

2 comments:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  2. Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    ReplyDelete