Sunday, January 19, 2020

Masalah yang muncul pada mobil matic



Memiliki mobil dengan transmisi automatic memang menyenangkan dalam mengendarinya. Pegoperasian yang mudah dan tentnya tidak melelahkan pengemudi nya. Akan tetapi mobil dengan transmisi matic memerlukan perhatian khusus meskipun secara perawatan tidak sesering pada mobil manual. Kenapa saya bilang perlu peerhatian khusus, karena  seringnya pemilik mobil dengan transmisi matic lupa melakukan pengecekan dan penggantian oli. Sehingga malah berakibat membengkaknya biaya perbaikan jika sudah terjadi masalah. 

Berikut masalah pada mobil matic yang sering di hadapi, mulai dari masalah ringan hingga masalah besar yang memerlukan overhaul untuk perbaikan nya.

1. Transmisi Slip

Ini kejadian awal yang mendadak dialami oleh pemilik mobil matik, dimana saat mengemudi terasa transmisi tidak mau berpindah meski anda menginjak pedal gas. Yang terjadi rpm meningkat tidak diiringi dengan perpindahan gigi sehingga mesin menderu lebih keras dan bahan bakar menjadi lebih boros. Pada dasarnya hal ini biasanya terjadi karena oli trasmisi yang sudah kotor. 
Pada tahap ringan anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan mengganti oli dan sekalian filter matik nya. Sedangkan pada tahap lanjut kemungkinan ada part yang bermasalah, seperti pada elektrik kit, TCM atau selenoid nya. 
Saran saya jika anda mengalami masalah di atas adalah scan lah mobil anda untuk mendapatkan informasi yang pasti mengenai masalah yang terjadi. Dan konsltasikan dengan mekanik anda.

2. Terjadi hentakan saat pemindahan tuas persneling

Saat anda meindahkan tuas persneling dari P ke R , dari N ke R atau N ke D terjadi hentakan. Dirasakan mobil seperti loncat atau tertabrak dan menghentak. Pada kondisi normal seharusnya perpindahan akan terasa smooth/ halus dan tetap bertenaga.
Jika masalah ini anda temui kembali saya sarankan untuk scan ECU mobil anda di bengkel yang memiliki alat scan ECU. Pada umumnya ini terjadi karena ada masalah pada selenoid pressure dan atau pada sensor speed TCM nya. Jika masalah pada 2 hal tersebu di beberapa bengkel untuk TCM bisa di repair jika kondisi nya hanya basah karena kemasukan oli. Tapi pada kondisi serius anda harus menggantinya. Untuk kerusakan pada selenoid sampai saat ini saya belum mendapatkan opsi perbaikan nya kecuali harus ganti selenoid pressure nya.


3. Tuas Tidak Mau di pindahkan.

Saat anda akan memulai menjalankan mobil, tuas transmisi tidak mau berpindah dari posisi P Ke posisi lain nya. Jika anda menemui hal ini maka hal paling ringan yang memungkinkan adalah masalah pada sensor pada rem. Dimana saat anda menginjak rem akan tetapi sensor switch rem tidak tertekan.
Hal berikutnya yang mungkin terjadi adalah sekering pada fuse box mungkin ada yang putus. Periksalah apakah di temukan sekering yang putus pada fuse box. Saran saya sebaiknya segera ke bengkel spesialis matic atau ke bengkel resmi untuk analisis lebih lanjut. Apabila ada kerusakan pada gearbox maka jalan satu satunya adalah dilakukan overhaul.

4. Suara Kasar atau dengung pada transmisi

Pada kejadian ini, hal awal yang terjadi karena pelumas yang kurang atau tidak optimal. Pelumas yang kurang akan membuat komponen-komponen di dalam nya saling bergesekan sehingga muncul suara dengung dalam gearbox. Sebaiknya segera periksa kapasitas dan kondisi pelumas anda agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius.

5. Mobil Bergetar atau ada getaran tak wajar.

Getaran pada mobil dengan mesin menyala adalah wajar tentunya. Akan tetapi jika getaran yang teradi mengganggu kenyamanan dan terasa tidak nyaman, kemungkinan ada masalah pada transmisi anda. Masalah ini sering timbul jika kondisi kampas kopling dan plat sudah tidak bagus.

Demikian masalah yang sering timbul pada transmisi mobil automatic. Meskipun tampak mengerikan akan tetapi masalah tersebut jarang terjadi jika perawatan dan cek transmisi rutin di lakukan. Sebagai pengguna mobil matic juga, saya menyarankan segera bawa mobil ke bengkel jika anda merasa ke anehan di transmisi agar biaya perbaikan dapat di tekan.

1 comment:

  1. Jika memiliki kendaraan ada baiknya untuk selalu diperhatikan baik kendaraan yang bertransmisi matic ataupun manual

    ReplyDelete