Wednesday, January 1, 2020

MAU BELI MOBIL BEKAS, JANGAN LUPA HAL INI

Beli mobil bekas tentunya tidak semudah anda membeli mobil baru sekalipun anda membeli mobil di showroom mobil bekas. Ada beberapa faktor untuk kamu lakukan sebelum memutuskan untuk memboyong mobil pilihanmu ke garasi rumah. Berikut beberapa hal yang mesti kamu lakukan saat memutuskan untuk membeli mobil bekas.

a. Cek Eksterior
b. Cek Interior
c. Cek Mesin dan Test Drive
d. Cek Kelengkapan Surat
e. Perawatan setelah pembelian

CEK EKSTERIOR

Pada tahap ini bukan hanya melihat kondisi fisik kendaraan akan tetapi juga meneliti apakah kendaraan yang akan kita pinang memiliki tanda tanda bekas kecelakaan atau tidak. Untuk mengenali ciri-ciri kendaraan pernah mengalami kecelakaan telah kita bahas dalam artikel tersendiri.
Cek kondisi fisik kendaraan apakah cat nya orisinil atau telah mengalami over spet( telah di cat ulang). Untuk mendapatkan visual yang lebih mudah pengecekan sebaiknya dilakukan pada siang hari. Bahkan akan lebih mudah jika di bawah terik matahari. Perhatikan detail warna setiap bagian dari jarak yang tidak terlalu dekat, maka kamu lebih mudah melihat jika ada perbedaan detail warna akibat over spet.
Perhatikan juga detail aksesoris dan fitur fitur eksterior pada mobil, seperti posisi dan kondisi lampu-lampu serta wiper. Lihatlah detail pemasangan bumper depan dan belakang, serta celah-celah di sela-sela pintu atau fitur-fitur terpasang lain nya.
Jangan lupa periksa kaca-kaca pada mobil serta aksesoris yang terpasang di dalamnya. List karet pada kaca dan pintu, serta kaca film perlu di perhaikan. Jika memungkinkan sebisa mungkin periksalah kemungkinan adanya keropos di celah-celah dan di kolong kendaraan.
“Pada dasarnya jika tidak di temukan tanda bekas kecelakaan tidak masalah, keadaan yang lain hanya memastikan kendaraan tidak memerlukan biaya ekstra untuk terlihat menarik saat anda bawa ke garasi rumah anda”

CEK INTERIOR

Pada tahap ini hal yang saya lakukan pertama adalah melihat kerapian dari kendaraan. Kerapian tersebut mulai dari Dashboard dengan seabrek fitur yang ada di dalam nya. Kemudian lanjut ke kolong dashboard, disini cek posisi kabel-kabel dalam keadaan rapi atau tidak. Baru kemudian cek fungsi dari fitur-fitur yang ada apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Semua tergatung berapa usia kendaraan yang akan anda pinang, semakin tua kendaraan tentunya akan ada beberapa hal yang patut mendapatkan toleransi dari anda. Selama kendala tersebut tidak bersifat fital, bolehlah beberapa minus ini bisa anda tolerans untuk anda perbaiki kemudian hari.
Setelah dari dashboard, kemudian perhatikan bangku-bangku dan plafon kendaraan. Plafon kendaraan yang turun biasanya menandakan mobil tersebut lama di jemur di bawah terik matahari. Dan perbaikan dari plafon turun ini tidak mudah, jika tidak di benahi akan terlihat tidak rapi juga suasana interior mobil. Lihat kondisi bangku, mulai bangku pengemudi dan penumpang depan, kemudian bangku-bangku penumpang belakang. Lihatlah kondisi spon apakah masih segar atau sudah menipis. Kemudian jika terpasang aksesoris seperti sarung jok atau beckled apakah terpasang dengan baik dan dengan kondisi yang baik pula. Jika anda kurang nyaman dengan kondisi jok dan aksesoris nya, coba perhitungkan perbaikanya atau kemungkinan untuk mengembalikan jok pada kondisi aslinya.
Bagian yang tidak boleh luput dari perhatian adalah bagasi kendaraan serta toolkit kendaraan, seperti alat ganti ban serep, meliptuti dongkrak dan perlengkapannya, ban serep, serta toolkit untuk service ringan.
“ saat anda memilih mobil bekas, tentunya sulit jika anda menginginkan kondisi kendaraan yang seperti mobil keluar dealer. Tentukan standar anda dan berilah toleransi atas kekurangan yang tidak bersifat vital”

CEK MESIN, TRANSMISI DAN TEST DRIVE

  Tidak dapat di pungkiri mesin hal yang sangat penting dari sebuah mobil. Sebagai penggerak dari kedaraan kamu, bagian ini menjadi sangat vital untuk di perhatikan. Karena kondisi mesin yang bermasalah kemudian hari akan menguras energi anda dan menambah pegeluaran anda diluar perawatan rutin. Perhatikan secara visual kemungkinan adanya rembesan oli di sekitar mesin. Lihatlah kemungkinan adanya keluar asap dari kenalpot.Perhatikan temperatur mesin kendaraan apakah normal atau tidak.  Jika Anda temukan hal tersebut sebaiknya kamu cari mobil yang lain saja.
Disamping mesin, kamu patut memperhatikan kondisi transmisi kendaraan yang akan kamu beli. Perhatikan tekanan kopling dan perpindahan dari satu gigi ke gigi persneling lainya. Jika di temukan agak keras perpindahan nya bisa jadi ada masalah pada transmisinya jika kamu membeli mobil manual. Jika kamu membeli mobil automatic selain kelancaran perpindahan shift perhatikan juga kemungkinan adanya suara aneh pada gearbox transmisi. Suara aneh yang tidak normal pada gearbox bisa jadi ada hal yang merepotkan dan memakan biaya ekstra dikemudian hari.
Untuk memastikan semua berjalan normal coba ajaklah test drive. Saat test drive sebisa mungkin matikan audio mobil untuk dapat lebih mendengarkan suara mesin, suara transmisi dan kaki-kaki. Jika tidak ada hal yang aneh boleh jadi mobil dalam keadaan prima dan jika pun terdapat permasalahan kemudian hari bukanlah masalah yang serius dalam waktu dekat.
Untuk kaki kaki lihatlah sekilas adakah rembesan oli di shock absorber nya. Saat test drive dengarkanlah apakah ada suara ngejeduk pada kaki-kaki. Dan saat melewati jalan yang tidak rata atau polisi tidur perhatikanlah dengan seksama.

CEK KELENGKAPAN SURAT KENDARAAN

Sudah mantap dengan pilihan kendaraan yang kamu lihat dan coba? Jika sudah kini waktunya kamu periksa legalitas kendaraan sebelum kamu bayar dan bawa pulang. Yang pasti cek STNK dan BPKB apakah sesuia, dan juga jangan lupa pajak serta faktur nya.
Mintalah si penjual untuk menunjukan nomer rangka di mobil dan nomer mesin, syukur – syukur bisa di gesek kan sekalian. Pastikan semua dokumen nyambung atau tembus sesuai dengan fisik kendaraan nya. Soal pajak selain melihat dari fisik di PKB STNK anda juga bisa cek di web SAMSAT/DISPENDA tentang pajak kendaraan. Untuk terakhir kalinya mintalah kuitansi pembelian dari penjual untuk memudahkan anda saat balik nama kendaraan nanti.

PERAWATAN SETELAH PEMBELIAN

Sudah mantap sama pilihan kamu? Bayar dan bawa pulang kendaraan idaman. Jangan lupa setelah mobil ditangan ada perawatan wajib yang harus kamu lakukan , antara lain :
- Ganti OLI Mesin dan Filter Oli
- Ganti Oli transmisi dan filter nya terutama untuk mobil Matic
- Cek dan ganti jika perlu Filter Bensin dan Filter udara.
Meskipun penjual menyampaikan oli habis di ganti dan lain sebagainya tetap saja kamu harus melakukan pergantian tersebut untuk menentukan pergantian selanjutnya. Hal ini juga untuk mendeteksi dan mengantisipasi kemungkinan adanya kerusakan baik di mesin atau di transmisi.

3 comments:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete
  2. Agen Terbaik dan Terpercaya Semua Game


    s128agen.club

    ReplyDelete
  3. It’s really a great and useful piece of information. I’m glad that you just shared this helpful information with us.

    Seputar Judi Online

    ReplyDelete