Tuesday, October 24, 2017

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PENGGERAK RODA BELAKANG

PENGGERAK RODA PADA MOBIL, seperti bahasan sebelumnya kita kenal antara lain FWD(penggerak roda depan), RWD( penggerak roda belakang), dan 4WD( atau lebih dikenal dengan 4x4). kali ini kami akan mencoba mengulas kelebihan dan kekurangan dari FWD dan RWD.

Untuk lebih memudahkan anda membayangkan sistem kerja dari masing-masing sistem penggerak roda, kami akan analogikan dengan Orang menarik Gerobak untuk FWD, dan orang mendorong gerobak untuk RWD.

1. PENGGERAK RODA BELAKANG
 kelebihan RWD







a. Perawatan kaki-kaki lebih murah, penggerak roda belakang desainnya sederhana terutama pada as roda. sehingga biaya perbaikan tidak akan terlalu mahal jika kaki-kaki kena masalah
b. Jago Tanjakan dan akselerasi awal, seperti halnya orang mendorong gerobak akan lebih mudah untuk start lari, ataupun mendorong di tanjakan. Hal ini juga yeng membuat mobil dengan penggerak roda belakang membuat penggunanya lebih Percaya Diri jika harus berpetualang dengan jalanan dengan OFF Road Ringan. Jika di gunakan untuk Drag Race, traksi awal akan sangat menyenangkan.
c. Jago Muatan. sistem penggerak roda belakang juga akan lebih enteng membawa muatan berat. oleh sebab itu semua mobil komersial (truck dan pick up) yang kami kenal semua menggunakan sistem penggerak roda belakang
d. Radius Putar, dengan rangkaian As roda yang sederhana memungkinkan roda depan dapat dengan lebih maksimal diputar pada sudut belok.

kelemahan RWD
a. Pengendalian di kecepatan Tinggi.  berlarilah dengan mendorong gerobak anda, semakin kencang semakin anda susah mengendalikannya, hal ini karena karakter dari sistem ini yang cenderung OVERSTEER. atau kemudi belokan dikit aja mobil akan bergerak melebihi ekspektasi. dan terkesan pantat mobil mobat mabit, hehe. Tapi di kecepatan rendah dan sedang fenomena ini tidak akan terlalu dirasakan.  

b. Pengendalian di jalan licin, penggerak roda belakang lebih sulit mendapatkan traksi saat di jalan licin atau berpasir, lebih lebih lagi untuk jalan bersalju. hal ini juga di karenakan traksi di dapat dari belakang.

c.  Lebih Boros, yup. dengan adanya poros gardan membuat tenaga yang dihasilkan akan direduksi beberapa persen untuk sampai ke roda belakang, yang tentunya akan membuat konsumsi bahan bakar penggerak roda belakang akan lebih "boros"
d. Oli Gardan,  nah boleh di bilang ini biaya extra buat anda pengguna mobil penggerak roda belakang.
e. Lantai tinggi. karena harus menyediakan ruang untuk poros ke gardan, membuat mobil ini pada umumnya memiliki lantai yang lebih tinggi dibanding  FWD,kalaupun sama tinggi, biasanya akan kita dapati lantai yang tidak Flat. alias ada lengkungan untuk tempat si Poros Gardan
f. lantai yang tidak rata untuk mobil keluarga,  alasan yang sama seperti poin "e".
g. Body rolling lebih terasa dijalanan berliku. dipengaruhi Oversteer, lantai yang relative lebih tinggi, hal ini akan tereduksi dengan baik jika mobil memiliki tread lebih lebar, tapi dengan tread lebar yang sama, maka tetap saja RWD memiliki body rolling yang lebih terasa dibandingkan FWD. perbandingan akan fair jika menggunakan mobil dengan kelas yang sama, kecepatan yang sama, dan track yang sama. penumpang mobil RWD lebih rentan mengalami mabuk darat dibandingkan FWD.

h. Getaran lebih terasa. hal ini relatif, dibandingkan dengan mobil sekelas dengan FWD maka RWD akan lebih terasa bergetar, tes aja dengan menggunakan segelas air mineral taruh dilantai mobil. Ya, karena di bawah lantai anda ada poros ke gardan yang berputar.bagaimanapun poros memiliki critical limit. Pada mobil keluaran baru tentunya hal ini jarang di temukan karena pelumasan pada bearing yang masih bagus. 


Nah, kapan anda perlu mempertimbangkan memakai mobil penggerak roda belakang (RWD).
1. Untuk usaha muatan atau anda sering bepergian dengan penumpang penuh.
2. sering melewati jalan pegunungan yang sangat menanjak
3. jalanan yang anda lewati banyakan tidak beraspal


Beberapa opini yang menyebutkan RWD,
- suspensi lebih tangguh. hal ini sangat tergantung dengan gaya mengemudi anda, material suspensi juga.
- Parts KW untuk RWD banyak, hahahaha... ngakak. ini tergantung penyedia after market part. kalo yang punya mau bikin part KW untuk FWD ya bakalan banyak juga KW part untuk FWD

Semua kembali pada anda dan menyesuaikan kebutuhan anda, dan terutama bagaimana anda menyayangi mobil anda dengan perawatan rutin dan pemakaian sesuai kemampuanya.

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment